Selasa, 27 Juli 2010

Keunikan Kuliner Indonesia

KULINER Indonesia memiliki banyak variasi bahan makanan, teknik pengolahan, dan bumbu. Bagi juru masak, mengolah menu Nusantara merupakan tantangan.

Gerusan modernisasi sedikit banyak menggeser pola makan kita. Ditambah serbuan makanan cepat saji yang bisa kapan saja dan mudah dinikmati. Perlahan tapi pasti, tren pola makan masyarakat telah kembali ke santapan tempo dulu.

Sous Chef Hotel Novotel Semarang Aris Untung Wibowo mengungkapkan, di Kota Semarang, tren pola makan telah berubah. Kini, masyarakat lebih memilih menikmati makanan Nusantara. Pergeseran ini dipengaruhi maraknya restoran yang menghadirkan makanan khas Indonesia. Bukan hanya restoran yang mengusung makanan khas Indonesia, sejumlah hotel pun tidak mau kalah. Di dalam daftar menu, kerap terselip menu khas Tanah Air.

"Suatu tantangan tersendiri memasak makanan Indonesia dibandingkan makanan internasional. Sebab, memasaknya membutuhkan lebih banyak bumbu serta kesabaran," kata Aris.

Sebagai contoh, menu soto. Lupa memasukkan salah satu bumbu saja, rasanya pasti berbeda. Sebaliknya, jika terlalu "bereksperimen" dengan cara menambahkan bumbu, rasa yang tersaji juga akan berbeda.

Selain tepat menangkar bumbu, kesabaran saat memasak pun harus terlatih. Beberapa menu memang membutuhkan waktu cukup lama untuk mengolahnya. Aris mencontohkan menu opor ayam. Ada beberapa tahapan yang mesti dilalui dan dilakukan secara perlahan untuk menghasilkan opor ayam yang lezat. "Step by step cara pembuatan harus dilakukan dan tidak bisa dilewati. Proses ini juga sekaligus melatih kesabaran. Saat ingin mengentalkan opor, kita harus sabar karena mengaduk-aduknya mesti dilakukan perlahan- lahan. Tidak bisa asal mengaduk saja," tutur Aris.

Setelah selesai dimasak, sensasi rasa makanan Indonesia sangat bervariasi. Lidah akan mengecap rasa gurih dari santan kelapa ataupedas merica. Masih ada sentuhan rasa manis dari campuran gula pasir maupun gula jawa. Perpaduan rasa ini dijamin mengundang rasa penasaran untuk bersantap.

Keistimewaan lain makanan Indonesia adalah cara penyajian makanan yang unik. "Keunikan cara penyajian menjadi daya tarik untuk memikat konsumen," sebut Operational Manager Restoran Sambara Bobby Siswara. Sambara menyajikan beragam makanan asal tanah Pasundan, baik yang masih eksis maupun yang mulai jarang di tengah masyarakat.

Cara penyajian yang unik terlihat pada menu nasi songsong atau nasi claypot. Bahan pembuat, seperti beras atau beras ketan, dicampur dengan bumbu-bumbu lain ditambah oncom. Setelah semua tercampur, dimasukkan ke dalam bambu, lalu dibakar hingga matang.

Keragaman dan keunikan makanan khas Indonesia dianggap tantangan oleh para juru masak. Chef Hotel Horison Semarang Andri Juni Arifin menyebutkan, bahan-bahan yang digunakan untuk memasak makanan Indonesia terkadang sulit ditemukan lagi di pasaran. "Sebagai contoh, untuk membuat ganjel rel, kita harus menggunakan tepung gaplek. Bahan ini agak susah didapatkan," ujar Andri.

0 komentar:

Posting Komentar